...seandainya ibubapamu marah padamu kerana kesilapan yang dilakukan olehmu, maka marahnya ibubapamu adalah bagaikan baja bagi tanam tanaman....

Tuesday, December 13, 2011

RAHSIA NAMA TUHAN KE-SERATUS


Jika kita percaya adanya Malam Lailatul Qadar, maka kita juga percaya adanya nama Tuhan yang keseratus. Malam Lailatul Qadar tersembunyi dalam malam-malam bulan Ramadhan yang penuh berkat, yang ikhlas mencarinya kerana Allah swt pasti akan jumpa. Yakinlah! Mencari nama Tuhan yang keseratus rupanya sama seperti mudahnya mencari Malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW telah mengajarkan 99 nama yang digunakan oleh Rabbul 'Alamin untuk mencipta, memelihara dan mengembangkan alam semesta sampai mencapai kebulatan yang nyaris sempurna (unfinished; sifat bilangan 99). Tinggal satu nama sahaja yang tidak diajarkan kepada Umat Muhammad, yang harus ditemukannya sendiri melalui pengabdiannya sepanjang hidup. Itulah Sebutir Mata Tasbih yang terlepas dari untaiannya. Itulah nama Tuhan yang keseratus, yang bila Allah SWT dipanggil dengan nama tersebut, akan ditunaikan hajatnya.

Baru saya faham, mengapa Para Sufi mengembara dalam pengabdiannya untuk menggenapkan bilangan yang nyaris sempurna itu. Bila mereka telah mendapatkannya dalam wujud sifat kesedarannya sendiri, maka berubahlah sifatnya menjadi kudus, lembut dan penuh kasih sayang terhadap sesamanya. Maqam ini sesungguhnya berdaya mampu mengubah struktur dunianya. Itulah maqam tertinggi yang ditemukan oleh sayidina Muhammad SAW (Rasulullah) yang meruang dan mewaktu.

Dijelaskan dalam Asrari Khudi [karya Muhammad Iqbal]: "Kejadianku arca belum selesai, cinta memahat daku dan aku menjadi manusia." Ia tentang transformasi eksistensial dari individu kecil mencapai individu besar. Untuk mencapai suasana kekhalifahan dalam memandu umat mencapai masyarakat global, kita tidak perlukan new image of man (seperti James Bond 007, Superman, Superboy, Rambo, atau Ninja). Secara fitrah manusia telah berada di sana (Lihat Al- Baqarah, ayat 30), dan dalam kadar tertentu mereka telah terlatih merealisasi fungsi tersebut ke dalam lingkungan kecil kehidupannya.

Itulah nama Allah swt teragung (ุงุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฃุนุธู…) atau nama tuhan ke-100. Bila Allah swt dipanggil dengan nama tersebut segala hajat akan ditunaikan dan serba bencana akan terhindar. Orang yang mencapai nama itu dapat mengubah jalan hidup dan kehadirannya menjadi rahmat semesta alam.


Jelasnya, kita perlukan apa yang diwariskan oleh Rasulullah saw, yaitu Islam. Hanya dengan kembali kepada pokok ajaran Kitab Allah SWT dan Sunah Rasulullah saw, kita akan dapat merangkaikan kembali mata tasbih yang tersia-sia (diri kita) dalam untaiannya yang fitrah. Seterusnya membangun ummatan wahidatan di atas bumi tercinta ini. Insya Allah.


NOTA:
Ismullรขh al-A’zham ( ุงุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฃุนุธู…)
1. Secara bahasa, Ismullรขh al-A’zham berarti nama Allah yang Agung atau Mulia. Ia merupakan antara kupasan penting ketika berbicara tentang asmรขul husna. Mengapa? Kerana Ismullรขh al-A’zham merupakan bahagian dari asmรขul husna.

2. Sebagian besar ulama meyakini, berdasarkan hadits-hadits Rasulullah saw, ialah dari sekian banyak nama-nama Allah yang baik (asmรขul husnรข), ada beberapa nama Allah yang lebih baik dan lebih agung yang disebut Ismullรขh al-A’zham. Nama-nama Allah ini lebih baik dan lebih agung dari nama-nama Allah lainnya, kerana kandungan makna dan artinya yang lebih dalam, luas dan lebih substantial.

3. Imam Ali bin Abi Thalib berkata: “Ismullรขh al-A’zham itu adalah alif lรขm mรฎm, kaf ha ya ‘ain shad, ha mim ‘ain sin qaf, dan yang sejenisnya”.

4. Imam al-Bรปny dalam bukunya Syamsul Ma’arif berkata, bahwa Sahl bin Abdullah bertutur: “Seorang laki-laki pernah datang kepada Ibrahim bin Adham sambil bertanya: “Bagaimana menurut anda tentang lafaz: Ya Sin?”. Ibrahim bin Adham menjawab: “Ia adalah nama yang apabila seseorang berdoa dengan menggunakan nama itu, maka doanya akan dikabulkan, baik yang berdoa tersebut orang baik atau orang jahat”.

Kerana Ismullรขh al-A’zham lebih dari nama-nama Allah lainnya, tentu pahala dan khasiatnya pun lebih besar dari nama-nama Allah lainnya.



[]

17 comments:

shiekh zainal abidin fil-ilmi. said...

dear brother'sof Islam. Every one's Muslim is given the faith of the truth by Allah subhanahu wata-a'ala. All scholars of Imam Muthjahid , wal-ariffin has found the secret name of Allah as Al-Azham of which is similiar to Al-Azhimm and it is in the 99 name of God's name -The greatness of supreme Allah Aza-Wajalla. It is now i had just found the truth to be shared amongst us. The right and the most secret and hidden name , not mention by any scholars so far- since i have been searching for my age of 65. It was yesterday, when i have written this as my khat, of Ayatul Al Fatihah. God put it in such a way that peoples has forgotten- HIS name is AL-A'Alamin. Whic means the name of which given to the mercifull and benefit of All Creature on Earth. Amin by Shekh Zanul Abidin- Fil Ilmi.

Unknown said...

Saya pernh di ijasai guru saya,,,yaitu ismu a'zhom,,,,di dlmnya ada 5 ayat....guru blg itu emng rahasia,,,buat jin setan,n iblis...yg bs tau cm manusia.n setelh ku jlni,,,ada suara di ht,,,yaitu mnyebut ya allah,,,,,dimnpn berada n saat apan,,,setelh dpt ilmu itu tdrpun jarang mimpi

Unknown said...

QOBILTU ustadz๐Ÿ™๐Ÿ™

tukangFX said...

Bukankah bilangan nama Al Adzim berjumlah 100 di dalam Al Quran?

Unknown said...

Qobilna yang mulia

Unknown said...

Qobiltu

Jhasta mulia said...

Qobiltu shiekh

Unknown said...

Saya tahu 5 abjad ITU. Tapi tak boleh Di Bawa berzikir. Kenapa

Unknown said...

Qobiltu

hatiku hancur said...

qobultu

Unknown said...

Tolong kasih tau sodaraku apa nama Allah yang ke 100

Abdurrahman said...

Qobiltu ustadz

gember said...

Sebagian tulisan diambil dari buku karangan Muhammad Zuhri: mencari nama Allah yang keseratus

Anonymous said...

Bolehkah saya mendapatkan ijazah nama Allah uang ke 100 tersebut ? Saya berkenan bertemu dengan anda. ๐Ÿ™

Anonymous said...

qobiltu

Anonymous said...

Qabiltu ya Ustadz

Anonymous said...

Nama yang keseratus itu rahasia allah tapi jika ada yang mengetahuinya itu merupakan salah satu kunci surga tetapi juga harus mengenal yang memiliki nama tersebut